3 Komponen Komputer yang Wajib Kalian Penuhi

3 Komponen Komputer yang Wajib Kalian Penuhi

Sekarang saya ingin membahas komputer. Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di Dasar Dasar Belajar Komputer, saya sudah menyebutkan bahwa agar komputer berjalan dengan semestinya, maka kita harus memenuhi 3 komponen utama komputer.
Apa saja komponen tersebut?

Komponen tersebut adalah
1.    Hardware
2.    Software
3.    Brainware

 

Hardware

Hardware dalam bahasa Indonesia berarti perangkat keras. Ini berarti, hardware merupakan perwujudan komputer yang sebenarnya. Sebuah komputer harus memiliki hardware agar bisa berjalan sebagimana mestinya. Bahkan, sesuatu tidak bisa dikatakan sebagai komputer jika tidak ada hardware. Hardware komputer sendiri menurut fungsinya dibagi menjadi 4 jenis. Selngkapnya bisa kalian baca di Hardware Komputer.
Software tanpa hardware, hanya merupakan barang yang kurang berguna karena tidak memiliki fungsi dan manfaat bagi pemiliknya.

 

Software

Software dalam bahasa Indonesia merupakan perangkat lunak. Perangkat lunak berarti komonen komputer dimana komponen itu tidak berwujud fisik namun berwujud program. Sebuah komputer harus memiliki software di dalamnya untuk mengatur dan menjalankan perintah. Software sendiri terdiri dari beberapa macam ada yang menurut fungsinya, dan ada menurut license atau ijin penggunanannya. Selengkapnya bisa kalian baca di Software Komputer. Tanpa software, sebuah komputer tidak dapat berfungsi dengan baik sebagimana mestinya.
Hardware tanpa software hampir seperti barang rongsokan karena belum memiliki fungsi dan kegunaanyang jelas bagi pemilikinya.

 

Brainware

Brainware atau pemikir. Dengan kata lain brainware adalah kita sebagai pengguna atau user. Coba kalian bayangkan sebuah komputer super dengan hardware super mahal dan lengkap dan software dan fitur lengkap. Tetapi tidak ada user yang menggunakannya. Apakah komputer tersebut memiliki kegunaan dan manfaat? Mungkin memiliki manfaat yaitu sebagi hiasan. Ya hiasan. Tapi saying sekali fungsi komputer bukannlah sebagai hiasan. Kalau hiasan belilah barang yang lain selain komputer.

Dari ketiga komponen di atas, semuanya salng membutuhkan satu sama lain. Tidak ada yang lebih kuat dan tidak ada yang lebih lemah. Hardware tanpa software dan brainware maka bis dikatakan sebagai barang rongsokan yang tidak berguna dan belum bisa dikatakan sebagai komputer yang berfungsi sebagimana mestinya. Software tanpa hardware dan brainware, hanya sesuatu yang tidak terlihat dan tak ada manfaat apapun yang kita rasakan akan keberadaannya. Brainware tanpa hardware dan software hanyalah manusia biasa yang bekerja tanpa bantuan komputer. Oleh karena itu, imbanglah kekuatan hardware, software, dan brainware dalam komonen penyusun komputer. Tetapi, begitu mereka semua bersatu, maka yang memegang komando adalah brainware.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

E-Belajar Komputer. Diberdayakan oleh Blogger.