Perkembangan Komputer

Perkembangan Komputer

Komputer pertama kali dibuat atau ditemukan oleh Charless Babbage. Sejak awal ditemukanya komputer hingga saat ini, komputer telah mengalami masa perkembangan yang sangat panjang. Manusia berupaya meningkatkan dan membuat komputer yang dapat bekerja lebih efisian sehingga dari awal ditemukanya
komputer, dapat dibagi menjadi 4 generasi yaitu

1.    Generasi Pertama
2.    Generasi Kedua
3.    Generasi ketiga
4.    Generasi keempat


Berikut adalah penjelasannya

1.    Generasi Pertama

Generasi pertama terhitung sekitar tahun 1946 sampai tahun 1959. Masa masa ini merupakan masa dimana masih memanasnya Perang Dunia II. Hal ini membuat negera Negara yang terlibat di dalamnya berusaha untuk membuat komputer guna memanfaatkan negaranya. Beberapa komputer yang berhasil dibuat pada masa ini antar lain. Z3 yaitu dibuat oleh negara  German untuk pesawat terbang dengan peluru kendali. Colossus. Komputer ini merupakan komputer buatan inggris dimana komputer ini hanya berfungsi sebagai pemecah kode. Keberadaanya sempat dirahasiakan hingga 1 dekade setelah perang berakhir.  Komputer lainnya yange berhalsi dibuat adalah Mark 1 dan ENIAC yang dibuat oleh amerika.

 

2.    Generasi Kedua

Pada komputer generasi kedua ini, komputer memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan komputer sudah disertai transistor. Selain itu, pada komputer generasi kedua ini juga dilakukan perubahan bahasa mesin menjadi bahasa assembly  yaitu bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggantikan kode binary. Selain assembly, bahasa pemrograman COBOL juga sudah mulai digunakan. Hal iniuntuk memeprmudah programmer dalam mengatur komputer. Hasilnya, komputer pada generasi inipun banyak dipagai di bisang industri, bisnis, dan juga di universitas. COntoh komputer yang paling popular adalah komputer 1401.

 

3.    Generasi Ketiga

Pada komputer generasi ketiga ini, komputer sudah tidak lagi menggunakan transistor. Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang luar biasa sehingga, komputer pada masa ini sudah menggunakan IC ( Integratied Circuit). Para ilmuan kemudian juga berhasil memasukan lebih banyak komponen kedalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hal ini membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil. Selain itu, temuan habit lainnya adalah ditemukannya system operasi. Hal ini membuat komputer lebih berjalan efisien karena komputer bisa menjalankan banyak program secara bersamaan dengan adanya program dasar yang mengontrolanya.

4.    Generasi Keempat

Pada generasi keempat ini, komputer sudah memakai microprocessor untuk melaksanakan funginya. Jika dulu IC hanya bisa melaksanakan tugas tertentu yang spesifik, sekarang microprocessor dapat melaksanakan semua tugas komputer. Pada masa ini, sudah ada game seperti game Atari, dan juga aplikasi aplikasi seperti word, dan spreadsheet.
Semakin kecilnya ukuran komputer pada masa ini, maka pemanfaatan komputer sudah ada di rumah rumah dan yang memiliki komputer juga bukan hanya orang kalangan atas saja.

Selanjutnya, generasi kelima yang belum ada. Generasi kemlima ini konon, komputer akan bisa melakukan percakapan dengan manusia. Komputer akan belajar dari visual dan juga pengalamannya saat bercakap cakap dengan manusia. Selain itu, ada juga yang menambahakan dengan fungsi translator. Namun, hal ini diragukan karena manusia berbicara dengan konteks dan berbicara lebih dari sekedar menerjemahkan bahasa.
Negara yang ditengarai tengah melaksanakan proyek ini adalah jepang. Namun banyak pihak yang menyatakan bahwa projek ini gagal namun ada yang mengatakan projek inimasih beralanjut. Kita tunggu saja bagiman nanti perkembangannya…

Kamu ke halaman ini dari Google atau dari halaman Dasar Ilmu Komputer? Jika kamu dibawa kesini oleh artikel Dasar Ilmu Komputer, silakan klik untuk kembai ke halaman Dasar Ilmu Komputer. Terima Kasih

Tidak ada komentar

Leave a Reply

E-Belajar Komputer. Diberdayakan oleh Blogger.