Komponen yang ada pada CPU

Komponen Yang Ada Pada CPU

CPU merupakan salah satu dari bagian terpenting pada komputer. Didalam CPU ini terdapat berbagai komponen penting yang sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Komponen komponen penting tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing masing. Berikut adalah beberapa komponen yang ada pada CPU yang harus anda ketahui karena hal ini sangatlah penting.
 

1.    Casing
2.    Harddisk
3.    CD/DVD Room
4.    RAM
5.    VGA Card
6.    Sound Card
7.    PSU
8.    Motherboard
9.    Microprocessor
10.    Baterai CMOS
11.    Port
 
Komponen di atas adalah beberapa komponen yang ada di CPU. Unutk lebih jelasnya tentang masing masing dari komponen di atas, berikut adalah penjelasannya.
 
1.    Casing
Casing merupakan bagian terluar dari CPU. Casing ini biasanya terbuat dari bahan plastik. Namun, ada juga yang membuatnya dari bahan lain yang bersifat isolator atau tidak menghantarkan listrik. Casing berfungsi untuk melindungi komponen komponen yang ada di dalam CPU dari gangguan luar seperti gangguan dari hewan semacam tikus. Selain itu, casing inilah yang merupakan bentuk dari CPU.
 
2.    Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpanan pada komputer dan terletak di dalam CPU. Harddisk ini sangat rawan rusak jika terjadi benturan. Oleh kerena itu, kita harus hati hati ketika melepas harddisk dari CPU. Harddisk biasanya berukuran 320 GB, 500 GB, 640 GB, 1 TB, samapi 3 TB. Untuk saat ini memang masinh banyak sekali pengguna harddisk. Namun, sebenarnya sudah ada teknologi penyimpanan baru yaitu SSD. SSD ini memiliki kecepatan akses yang lebih cepat dari HDD dan lebih awet, katanya. Namun, harganya yang mahal dan tidak bisa dipakai oleh semua perangkat melainkan hanya bisa dipakai oleh perangkat tertentu serta pengetahuan yang kurang mengenai SSD ini membuat saat ini jarang yang menggunakan SSD sebagai pengganti Harddisk (HDD).
 
3.    CD/DVD Room
CD/DVD Room adalah bagian dari CPU dimana perangkat ini berfungsi untuk membaca ataupun membuat DVD. Jika tidak dipelukan, perangkat ini bisa kita lepaskan namun harus membongkar CPU terlebih dahulu.
 
4.    RAM
RAM (Random Access Memory )Merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara pada komputer. Artinya, saat computer melakukan proses, maka data data akan disimpan di RAM samapai komputer mati. Jika komputer mati, maka data-data tersebut akan dihapus. Besarnya memory yang ada pada komputer berbeda beda tergantung spesifikasi dari processor dan motherboard. Ada yang 1 GB, 2 GB, 4 GB, sampai 32 GB. Namun, sekali lagi, ukuran RAM yang bisa dipasang di suatu komputer tergantung dari spesifikasi processor dan motherboard.
 
5.    VGA Card
VGA Card merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk memunculkan tampilan pada layar monitor. Jika tidak ada VGA Card maka di layar monitor tidak muncul apapun alias blank. Setiap komputer memiliki VGA Card yang berbeda beda dan biasanya untuk VGA Card pada komputer kita bisa membelinya secara terpisah sesuai kebutuhan kita. Jadi, untuk anda yang suka bermain game berat di komputer, pastinya membeli VGA Card dengan kualitas bagus. Kualitas VGA Card bisa diketahui dari berbagai aspek salah satu diantaranya adalah kapasitas VRAM yang dimilikinya.
 
6.    Sound Card
Seperti halnya dengan VGA Card. Bedanya, jika VGA Card berfungsi untuk menampilkan keluaran visual, maka sound card berfungsi untuk mengolah suara sehingga dapat di rekam, dan didengarkan di komputer kita.
 
7.    PSU (Power Supply Unit )
PSU berfungsi untuk menghantarkan listrik dari  sumber listrik ke komputer kita agar komputer kita bisa bekerja. Untuk masing masing komputer memiliki PSU yang berbeda tergantung daya yang diperlukan. Untuk rumahan, biasanya menggunakan PSU jenis ATX
 
8.    Motherboard
Dari namanya saja, motherboard atau dalam bahasa Indonesia berarti papan induk, kita bisa mengetahui bahwa fungsi dari mother board adalah sebagai tempat dimana berbagai komponen system terpasang disini. Jika terjadi kerusakan pad motherboard, maka bebrbagai komputer biasanya tidak bisa dinyalakan karena berbagai komonen system yang seharusnya berfungsi menjadi tidak berfungsi.
 
9.    Microprocessor
Merupakan otak dari komputer. Microprocessor biasanya tidak dapat diupgrade karena sudah terpasang di motherboard. Kecuali, jika mengganti motherboard sekaligus. Kecepatan keja processor sangat berpengaruh dengan kinerja komputer sehingga, untuk memiliki komputer dengan kinerja tinggi, komputer kita harus memiliki komputer dengan processor yang cepat karena processor adalah komonen system yang sangat penting bahkan bisa dibilang paling penting.
 
10.    Baterai CMOS
Baterai CMOS merupakan baterai yang berfungsi agar pengaturan waktu dan tanggal tetap benar walaupun komputer dimatikan. Kalian bisa melihat sendiri kalau komputer kalian dimatikan lalu saat komputer kalian dihidupkan, maka pengaturan waktu di komputer kita tetap benar.
 
11.    Port
Untuk port merupakan sebuah lubang yang berguna untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lain. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada artikel Jenis-jenis Port Pada Komputer.

Sekian untuk kali ini. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar

Leave a Reply

E-Belajar Komputer. Diberdayakan oleh Blogger.