Bagian Bagian Komputer yang Wajib Kalian Ketahui

Bagian Bagian Komputer yang Wajib Kalian Ketahui

 

Seperti kebanyakan alat ataupun mesin lainnya, komputer tentu terdiri dari bagian bagian. Bagian bagian ini disatukan sehingga menjadi sebuah komputer yang berfungsi sebagaimana mestinya. Disini saya yang saya jelaskan adalah bagian bagian dari komputer desktop. Untuk jenis komputer lain, mungkin tidak akan saya jelaskan karena hampir sama.
Lagipula, kebanyakan pengguna komputer yang terpenting adalah mengetahui bagian dari komputer desktop dan untuk komputer jenis lain seperti laptop dan netbook itu bisa dipelajari di lain waktu.
Kita dengan mudah bisa melihat bagian bagian komputer secara umum yaitu

1.    CPU
2.    Desktop/ Monitor
3.    Keyboard
4.    Mouse

Empat bagian komputer di atas adalah bagian yang sangat dibutuhkan untuk bekerja dengan komputer. Selain empat bagian di atas, banyak juga yang menambahkan dengan perangkat lain seperti

1.    Speaker
2.    Microphone
3.    Joystick
4.    Webcam

Berikut akan saya jelaskan masing masing dari bagian bagian komputer yang sudah saya sebutkan di atas

1.    CPU (Central Processing Unit)
Dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa CPU merupakan pusat kerja komputer. Di dalam CPU terdapat berbagai komponen komponen system komputer seperti motherboard, PSU, harddisk, kasing dan lain lain. Untuk lebih jelasnya kalian bisa membacanya di Bagian Bagian CPU

2.    Desktop/ Monitor
Desktop atau monitor ini adalah sebuah layar tempat dimana kita melihat output dari proses yang dilakukan komputer. Untuk saat ini, kebanyakan komputer memakai monitor LCD.  Untuk monitor, kita bisa menggunakan lebih dari 1 LCD namun, saya kurang tahu berapa maksimal monitor yang bisa digunakan untuk 1 komputer. Hal ini dikarenakan, saya baru mencoba sampai 3 monitor untuk 1 komputer. Untuk bagaimana cara pengaturannya akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

3.    Keyboard
Keyboard merupakan komponen komputer yang terdiri dari kumpulan tombol yang terdiri dari huruf, angka, dan tombol perintah lainnya. Keyboard ini berguna saat kita mengetik, ataupun melakuan perintah lainnya yang membutuhkan huruf dan anga untuk melakukannya. Sebenarnya, kita bisa saja tidak memakai keyboard pada komputer kita. Untuk komputer dengan OS Windows, kita bisa menggunakan keyboard virtual. Namun, akan sangat merepotkan karena, kita harus menekan huruf 1 demi 1 dengan mouse.

4.    Mouse
Mouse berguna untuk memindahkan kursor di layar komputer. Untu beberapa kasus, kita bisa menggunakan keyboard untuk memindahkan kursor. Entah itu dengan tombola rah pada keyboard ataupun dengan menekan salah satu huruf pada keyboard.

5.    Speaker
Speaker berguna agar suara yang dihasilkan komputer dapat kita dengar. Jika kita tidak melakukan hal hal yang membutuhkan suara seperti menonton film, mendengarkan music, atau streaming, kita bisa menggunakan komputer kita  dengan baik walaupun tanpa speaker.

6.    Microphone
Microphone adalah pasangan dari speaker. Perangkat ini berguna jika kita ingin menginputkan suara ke komputer kita seperti untuk melakukan rekaman suara ataupun melakukan chat dengan orang lain di jaringan internet.

7.    Webcam
Webcam berguna untuk merekam gambar ataupun video. Biasanya digunakan untuk melakukan video chat melalui jaringan internet seperti Skype dan Facebook.

Itulah sedikit dari bagaian bagian komputer. Untuk lebih lengkapnya, silakan kalian bisa membaca artikel terkait lainnya. Sekian untuk kali ini semoga ini bermanfaat untuk kalian semua kurang dan lebihnya kami mohon maaf dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

1 komentar

E-Belajar Komputer. Diberdayakan oleh Blogger.